Wednesday, November 8, 2017

SALMON DENGAN SAUS GARLIC BUTTER

Kemarin-kemarin pengen masak salmon gara-gara dikirimin temen yang abis masak Salmon panggang yang dipanggang pake garlic, butter, sama lemon. Berhubung ovennya rusak, dan baru aja di servis, kang servisnya pun
nyerah ga berani bongkar komporku lebih detil karena kompornya udah umur 21 tahun... jadi ga bisa pake oven pake tungku aja di grill, resep kiriman pun aku acak-acak dan aku modif lagi  dengan resep modal browsing di youtube sama google. Alhamdulillaah gak pake ribet yah...

Setelah dibersihin ama kang servis alhamdulillaah semua tungku bisa nyala, kecuali ovennya, kang servis nyerah karena udah keropos, kalo dipaksa bongkar takut hancur and titip pesen sama aku jangan dipake ovennya karena apinya udah ga stabil kalo dipaksain kuenya jadi gosong-gosong hiks... cuti panjang deh bikin kuenya.

Kembali ke resep Salmon ini masaknya juga gampang, bahan2nya apa lagi. Kalo resep aseli cuma mentega, bawang putih, lemon sama garam selanjutnya aku tambahin, air kaldu sama madu. Cara masaknya kalo resep asli pake oven kalo ini pake wajan di grill sebentar pake minyak zaitun. aku suka yang kering salmonnya jadi pas di grill agak lamaan dikit. Untuk sausnya kalo mau lebih kaya rasa tambahkan 1 sendok makan butternya lagi saat membuat sausnya

Resep ini cocok banget buat yang kegiatannya padat tapi tetep mengutamakan kesehatan, paling lama setengah jam saja dengan catatan salmonnya ga beku yah. Oh iya sayuran pendamping si salmon ini saya cukup pake buncis walopun di resep aslinya pake asparagus karena ga setiap supermarket sedia (berdoa mudah-mudahan asparagus gampang di dapetin di kota ini) salmon ini cocok di makan bersama nasi putih spaghetti aglio oilo atau kentang goreng sesuai selera, guyur saos butter garlic di atas nasi putih, kentang goreng atau untuk anak-anak spaghetti aglio oilo.... so delicious!

Berikut resep dan cara memasak Salmon dengan saus garlic butter lemon

Bahan-bahan

4 fillet salmon tanpa kulit
Garam dan lada hitam
2 sendok teh minyak zaitun
3 siung bawang putih rajang
1/4 cup air kaldu ayam tanpa garam
2 sendok makan air perasan lemon
3 sendok makan (+ 1sendok makan jika mau) butter (saya pake salted)
1/2 sendok teh madu
1 sendok makan seledri atau peterseli
Selembar lemon untuk hiasan

Buncis secukupnya

Instruksi:

1. Keluarkan fillet salmon dari frezer diamkan di suhu ruangan sampai tidak beku.

2. Sementara itu siapkan saus garlic butter lemonnya.

3. Siapkan panci, nyalakan api sedang, masukkan 1 sendok makan butter, masukkan bawang putih tumis sampai warnanya kuning keemasan selama 1-2 menit.

4. Masukkan air kaldu ayam dan air perasan lemon biarkan sampai mendidih dan airnya turun, kurang lebih menjadi 3 sendok makan.

5. Masukkan kembali butternya jika mau dan madu dan aduk sampai rata.

6. Setelah salmon sudah tidak beku, bersihkan lalu keringkan dengan paper towel, bumbui kedua sisi ikan dengan garam dan lada hitam secukupnya.

7. Panaskan minyak zaitun di wajan pemanggang dengan api sedang.

8. Ketika minyak sudah cukup panas, masukkan salmonnya dan masak sekitar 2 menit di sisi pertama sampai warnanya coklat keemasan di bagian bawah lalu balikkan dan masak salmon di sisi yang berlawanan sampai salmon matang 2-3 menit lagi (jika kurang dari itu sudah matang bisa di angkat)  

10. Cuci bersih buncis lalu potong di kedua ujungnya, siapkan panci kukus, setelah air sudah mendidih, kukus buncis selama 5 menit. Kemudian angkat

11. Masukkan buncis di wajan panggang, siram dengan 1 sendok saus butter

12. Angkat salmon dan buncis pindahkan ke piring saji, guyur dengan saos butternya dan taburi seledri atau peterseli

13, Hias dengan potongan lemon

Salmon saus garlic butter siap dihidangkan, cocok dengn nasi putih, kentang goreng atau spaghetti aglio olio

Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment