Saturday, November 18, 2017

CHICKEN FAJITAS

 Sesungguhnya kita jarang banget makan Mexican food, dan di sini juga ga pernah liat restoran Mexico palingan kalo di restoran-restoran yang menyediakan masakan internasional cuma ada menu masakan Mexico yang banyak itu Tacos aja hampir di setiap restoran ada... kalo makan chili juga mesti ke Wendys dulu. Jadi yaaaa kita coba aja nih masak Masakan Mexico yang namanya Chicken Fajitas.

Resep seperti biasa sudah di modifikasi sesuai kemampuan dan ketersediaan bahan-bahan. Resep ini kombinasi dari beberapa vlog yaitu tasty dan chowhound, daging yang saya pakai daging ayam fillet dada, lalu untuk sayuran pendampingnya saya pakai bawang bombay besar setengah, paprika hijau dan merah (yang kuning ga tersedia di Supermarket sini) bumbu dapur yang dipakai untuk marinate ayamnya saya menggunakan yang bubuk seperti ketumbar, jinten dan cabe sedangkan untuk bawang putih kebetulan yang bubuk sudah expired jadi saya pake yang fresh di geprek kemudian di cincang, saya marinate selama 1 jam sebetulnya biar bumbu lebih meresap sempurna bisa di marinate semalaman tapi berhubung saya sudah ngantuk dan lelah ditambah jamnya anak-anak belajar kalo malam jadi semua saya kerjakan di pagi hari aja. 

Biasanya nih chicken fajitas ini kalo dari negara asalnya makannya pakai kulit tortilla, jadi ayam yang sudah di grilled dipotong-potong lalu di masukkan ke dalam tortila ditambah sayuran pendampingnya tadi (paprika dan bawang bombay) dilipat-lipat kemudian dimakan. berhubung disini ga ada yang jual tortila wrapnya dan oven masih ga jelas ga bisa di pakai jadi saya skip aja deh tortila wrapnya.

Resep ini lumayan gampang dan cepat. Kalo yang rajin sih bisa marinate di malam hari, simpan lemari es kemudian paginya tinggal di grill dan bisa buat sarapan anak-anak (insya Allaah kalo nemu tortilla wrapnya di supermarket mau buat sarapan sekolah anak-anak.


Ok. Sekarang kita lanjut untuk resepnya:


Chicken Fajitas

Bahan-bahan:
2 ayam dada fillet
1/2 bawang bombay besar, potong panjang-panjang
1/2 paprika merah, potong panjang-panjang
1/2 paprika hijau, potong panjang-panjang (terserah mau warna apa saja.
Garam secukupnya
Lada secukupnya

Bumbu rendaman ayam:
2 siung bawang putih, geprek lalu cincang
1/2 sendok teh cabe/paprika bubuk
1/2 sendok teh ketumbar bubuk
1/2 sendok teh jinten bubuk
1-2 sendok makan air perasan lemon
2 sendok makan minyak zaitun

Cara memasak
1. siapkan mangkuk besar, taro ayam yang sudah dibersihkan ke mangkok (Tips: saat marinate pastikan ayam tidak beku dan saat di panggang pastikan ayam juga tidak beku supaya proses pemanggangan sempurna)masukkan bawang putih, cabe paprika bubuk, ketumbar bubuk, jinten bubuk, air perasan lemon, dan minyak zaitun. Aduk, setelah rata kemudian diamkan 1 jam. (lebih lama lebih bagus, kalau bisa semalaman)

2. siapkan pemanggang, nyalakan api, tuang minyak zaitun, panggang ayam taburi garam dan lada setelah 5 menit balik lalu beri garam dan lada lagi. Masak ayam kurang lebih 10 menit. Angkat, pindahkan ke piring saji.

3. masih menggunakan pemanggang yang tadi masukkan bawang bombay, dan paprika merah dan hijau taburi dengan garam dan lada sesuai selera, aduk-aduk, asak selama kurang lebih 10 menit. Angkat pindahkan ke piring saji jadi satu dengan ayam tadi

4. potong-potong memanjang ayamnya sajikan dengan nasi putih, tortila wrap atau spaghetti aglio olio.

Simple, mudah dan cepat bukan


No comments:

Post a Comment