Saturday, April 15, 2017

MENGHITUNG KOIN DENGAN KERTAS CUPCAKE



Si sulung sudah duduk di kelas 1 Ibtidaiyyah, dan sudah tidak mendapatkan snack lagi untuk itu sekolah menyarankan agar anak-anak dipersiapkan membawa bekal dan atau dibawakan uang saku untuk anak-anak jajan. jujur saya tidak pernah mengenalkan uang kepada anak-anak saya karena akan ada waktunya mereka akan mengenal uang secara otodidak. dan kemarin si sulung bolak balik minta diajarkan pengenalan uang karena seperti anak-anak yang lain dia juga ingin merasakan sensasi pegang uang lalu bertransaksi jual-beli alias jajan di kantin sekolahnya.


Menurut artikel yang saya baca umur 3 tahun anak-anak sudah bisa di ajarkan tapi saya memilih umur 6,5 tahun karena umur segini anak-anak sudah mulai mandiri. setelah ubek-ubek celengan dan bolak-balik buka lemari dapur timbul ide dengan menggunakan kertas cupcake ini, dan saya akan berbagi salah satu cara yang menyenangkan untuk belajar menghitung uang dengan menggunakan kertas cupcake atau yang lebih dikenal di sini kertas bolu

BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN DALAM MENGHITUNG UANG:

10-25 kertas cupcake/bolu

Koin

Spidol

PERSIAPAN:

Tulis nilai Rupiah di di bawah kertas cupcake bagian dalam
Atur secara acak kertas cupcake tersebut secara bertumpuk di atas meja atau di lantai

CARA BERMAIN:

Dudukkan anak di depan kertas cupcake tersebut.

kemudian arahkan anak untuk suit, yang menang makan ia mengambil tumpukan kertas cupcake yang paling atas lalu mulai berhitung atau memasukkan koin-koin yang sesuai dengan nilai yang berada di kertas cupcake tersebut.

Lalu setelah selesai anak yang kalah mulai mengambil tumpukan kertas cupcake yang berikutnya lalu mulai berhitung dengan koin-koin tersebut.

Berikan skor 1 apabila anak benar.
berikan bonus 5 apabila anak bisa menghitung lebih dari 2 kali (misalkan di kertas cupcake tertulis Rp.1.500 maka polanya bisa koin 100 ada 15, koin 1000 (1) 500 (1) atau koin 500 (3) begitu seterusnya maka setiap pola mendapatkan 5


teruskan permainan sampai kertas cupcakenya habis,jika telah selesai maka kita sebagai juri turut serta dalam menghitung.



No comments:

Post a Comment